Model Gorden Rumah – Setiap desain rumah saat ini memikirkan juga bentuk model gorden yang melengkapi desain rumah tersebut. Untuk mengganti suasana, tidak hanya interior rumahnya saja yang diganti tetapi juga bentuk, model dan desain dari gordennya. Tetapi mungkin masih ada yang bingung ingin mengganti gorden dengan tipe, model dan bahan seperti apa yang cocok dengan desain ruangannya.

Dimana biasanya gorden dipasang? Gorden biasanya dipasang pada pintu, jendela dan atau penghubung antar ruangan. Karena fungsi gorden diantaranya adalah untuk pembatas dan sebagai penghalau agar aktifitas di satu ruangan tidak terlihat diruangan lainnya. Memberikan kesan privasi. Fungsi lainnya dari gorden adalah agar mampu mencegah sinar matahari masuk kedalam ruangan. Sinar matahari yang terlalu menyengat dan terik bisa menggangu aktifitas didalam ruangan dan kenyamanan penghuni rumah menjadi ikut terganggu pula. Selain itu perabotan yang ada di rumah bisa ikut rusak karenanya.

Oleh karena itu pemilihan model gorden rumah dalam suatu ruangan menjadi hal yang penting. Model gorden rumah, motif dan warna gorden yang sesuai itu penting. Jika masih bingung terhadap pemilihan model gorden rumah ini, anda bisa mempertimbangkan beberapa tips berikut ini.

Pertama adalah Kenali apa tema ruang anda. Sebelum memulai untuk memilih-milih model gorden, langkah yang pertama ini perlu anda lakukan. Apakah tema ruangan anda bertema desain klasik, minimalis, modern tradisional atau tradisional. Apabila tema ruangan telah ditentukan, maka hal ini akan mempermudah anda dalam memilih tipe gorden yang sesuai dengan tema masing-masing ruangan.

Model Gorden Rumah, berikut pilihannya :

Minimalis

Untuk ruangan bergaya minimalis model gorden yang cocok umumnya terbuat dari bahan kain yang polos (tidak ada motifnya) atau dengan motif yang kecil sehingga kain terlihat lebih “bersih”. Warna gorden yang tipenya dipilih juga lebih sederhana dengan bentuk yang simple atau warna yang digunakan warna natural yang solid. Karena yang ingin ditonjolkan adalah tekstur dan rel gorden sengaja diperlihatkan lebih menonjol.

[foogallery id=”998″]

Klasik dan Modern Klasik

Untuk ruangan yang bergaya klasik. Dapat dipilih warna gorden yang selaras dengan warna ruangan sehingga memberikan kesan yang nyaman, teduh dan selaras. Untuk motifnya sendiri, dapat dipilih motif dengan renda bunga atau motif lainnya, sesuai dengan nuansa ruangan yang diinginkan. Dalam hal ini kreatifitas sangat penting untuk setiap dekorasi yang dikerjakan. Hindarilah penggunaan gorden dengan bahan yang berat, dan ganti dengan bahan yang lembut dan ringan seperti satin.

[foogallery id=”1000″]

Gaya Modern Tradisional 

Untuk ruangan yang memiliki tema modern tradisional, dapat dilakukan dengan memilih motif gorden yang bergaya tradisional atau pemilihan bahan dan warna ke warna yang solid dan natural mendekati warna alam seperti warna putih gading, broken white. warna jerami, dll.

Gorden untuk Kamar Anak

Untuk pemilihan gorden kamar anak ini, sebaiknya ikut melibatkan anak Anda untuk bersama-sama memilih model dan motif gorden yang diinginkan. Sehingga ini memberikan mereka rasa kepemilikan terhadap ruangan tersebut dan membuat mereka mau merawat ruangan mereka. Bagi anak yang berusia 6 s/d 15 tahun, motif gorden dapat disesuaikan dengan minat dan bakat mereka.

[foogallery id=”1021″]

Model Gorden Rumah – Menentukan tipe Gorden / Tirai

Selain berfungsi untuk menyaring sinar matahari dan debu, tirai atau gorden dapat menjadi elemen dekoratif yang mendukung kecantikan desain ruangan. Sentuhan akhir pemasangan gorden, seperti tassel juga perlu diperhatikan. Maka pilih desain gorden sesuai dengan kebutuhan anda.

Ada 2 jenis gorden atau tirai, yakni gorden dekoratif dan gorden full-operate. Gorden dekoratif tidak harus dibuka atau ditutup, misalnya sheer. Sedangkan tirai atau gorden full operate bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan kebutuhan, misalnya gorden atau kerai.

Berikut beberapa macam tirai atau gorden yang perlu di ketahui :

  1. Kerai / Wooden Blind

Yang dimaksud dengan kerai adalah tirai yang terbuat dari bahan non kain. Jenis ini memberikan privasi pada ruangan. Bentuk ini sangat efisien dan memberi karakter yang kuat pada ruangan. Alternatif bahannya terbuat dari kayu, alumunium,  atau kertas.

2. Tirai Geser / Gorden

Tirai geser lebih dikenal dengan gorden. Tirai biasanya dibuka dengan cara digeser ke arah samping. Bahan untuk gorden bisa bervariasi, seperti linen yang tebal dan terkesan berat, sutra yang lembut, beludru yang elegan, damask yang polos, bahan tenun yang eksotis, atau bahan yang memiliki tekstur. Dan hal yang penting diperhatikan lainnya adalah warna dan motif yang sebaiknya disesuaikan dengan dekorasi ruangan secara keseluruhan.

3. Tirai lipat

Tirai jendela yang terbuat dari kain, bisa dibuka dan ditutup dengan cara sebagai berikut :

  • dinaikkan (roman blind)
  • digulung (rolling blind) ke atas
  • dilipat ke samping (vertical blind)
  • dilipat seperti dasi kupu-kupu

Bahannya bervariasi, mulai dari kulit, linen, katun, kanvas sampai denim. Gorden/Tirai ini dapat dimanfaatkan di kamar mandi, dapur, atau kamar tidur anak. Agar lebih praktis, Anda dapat kombinasikan dengan jenis tirai yang ada.

[foogallery id=”1019″]

[foogallery id=”1020″]

[foogallery id=”1018″]

Penentuan Kombinasi

Pemasangan gorden pun dapat dikombinasikan sehingga tampilan tidak monoton dan membuat lebih indah dan menarik. Berikut beberapa kombinasi yang dapat dilakukan :

  • Sheer/Vitrase dan Tirai/Gorden

Kombinasikan tirai dengan sheer akan memberikan kesan klasik dan elegan. Pada siang hari dapat menggunakan sheer/vitrase dan lakukan penataan tirai di sisi jendela. Sedangkan pada waktu malam, tirai dapat dipasang untuk lebih menjaga privasi.

  • Roller blind/Roman blind dan Tirai/Gorden

Roller blind yang dikombinasikan dengan roman blind membuat kesan tidak berat dan memberikan privasi yang tinggi pada ruangan.

  • Vertical blind dan Roman blind
  • Wood blind dan Tirai/Gorden

Kami Gordenindo siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda, terhadap berbagai jenis pemasangan model gorden rumah.

Hubungi kami di nomer ini atau silahkan contact berikut ini.

 

 

sumber  : https://arsitekturvaastustudio.wordpress.com/2011/12/20/tips-memilih-gorden-dan-dekorasinya/

 

 

Comments are closed.

Baca Juga