Tips Reparasi Sofa

Seringkali kita memiliki sofa yang sudah bertahun-tahun ada bersama kita. Tetapi karena faktor usia, penggunaan, dan faktor lainnya membuat sofa kesayangan kita rusak. Walaupun sudah rusak terasa sayang untuk diganti. karena memiliki nilai historis yang panjang.

Bukan rahasia lagi kalau saat ini ada banyak sekali model sofa yang memiliki keunikan maupun keindahan tersendiri. Namun,  keunikan dan kemewahan dari sofa tersebut terkadang juga diikuti oleh harganya yang  cukup tinggi.  Oleh sebab itu, apabila sofa kita sayangi sudah mulai rusak, maka hal ini tentu akan sangat disayangkan mengingat, selain mahal, sofa juga menjadi barang utama yang sealu ada di ruang keluarga maupun di ruang tamu rumah kita.

Biasanya, salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan pada sofa kita adalah faktor umur, dimana setelah bertahun-tahun sofa digunakan, maka sofa akan semakin terlihat kotor, kusam, bahkan beberapa bagian sofa hilang dan berlubang. Jika sudah begini,  maka kain dan furnitur-furnitur lain yang ada pada sofa harus kita ganti maupun kita perbaiki agar sofa terlihat lebih bersih dan nyaman untuk digunakan.

Sumber: Instagram @homelovelifestyle

Secara umum ada 4 Cara dalam perbaikan sofa:

1. Recover, Cara reparasi sofa recover yaitu melapisi kembali sofa rusak anda dengan bahan upholstery baru yang sifatnya permanen. Teknik reparasi sofa recover akan terkesan elegan dibanding teknik reparasi sofa slipcover. Namun, cara reparasi sofa jenis ini harus merogoh kocek anda lebih dalam.
2. Refinish, Cara reparasi sofa dengan teknik refinish yaitu memberikan finishing ulang pada kayu sofa anda yang sudah lama, Teknik reparasi sofa ini menitik beratkan kesan baru pada furnitur sofa anda. Teknik reparasi sofa refinish ini akan memberikan efek sofa anda terkesan seperti baru kembali.
3. Redesain, trik reparasi sofa ini memberikan sedikit perubahan desain pada sofa, seperti menambahkan menambah busa pada sofa atau kursi serta menambahkan ukiran pada meja. Teknik reparasi dengan cara redesain akan memberikan kesan sofa anda berbeda dengan sebelumnya.
4. Slipcover, model reparasi sofa dengan teknik slipcover merupakan metode reparasi sofa dengan membungkus ulang sofa rusak anda dengan kain baru tanpa mengganti kain lama. Cara reparasi sofa slipcover akan memberikan efisiensi biaya dibandingkan harus mengganti seluruh upholstery. Slipcover bisa dilepas juga dibersihkan jikan anda mau.

Upholstery atau pelapis sofa yang biasanya terbuat dari bahan kain dan kulit merupakan hal yang paling dominan dalam menunjang penampilan sofa, karena yang dilihat pertama kali pada suatu sofa adalah tampilannya, sehingga jika bahan pelapis sofa ini sudah rusak, kotor, robek atau pecah-pecah maka mengakibatkan sofa tampak jelek. Meskipun tampilan cover sudah kurang bagus, mungkin saja rangka sofa dan busanya masih baik sehingga sangat disayangkan untuk mengganti sofa tersebut. Maka solusinya adalah dengan mengganti lapisan cover sofa yang biasa disebut dengan service sofa.


Cara melakukan perbaikan sofa (service sofa) adalah sebagai berikut:


1. Cover dibongkar dari sofa
2. Pengecekan struktur rangka sofa, jika ada kerusakan maka akan dilakukan perbaikan
3. Pengecekan kondisi karet / webbing sofa, jika sudah getas atau putus maka dilakukan penggantian
4. Penambahan busa agar tampak lebih kokoh
5. Penambahan dakron untuk bantal sofa sehingga bentuknya membal kembali
6. Membuat pola jahitan pada kain baru dengan menggunakan pola kain lama sehingga lebih presisi
7. Proses penjahitan cover
8. Pemasangan dakron lapis pada busa
9. Pemasangan cover pada busa
10. Finishing dan Quality Control

Selain itu beberapa bentuk perbaikan lainnya adalah

Memperbaiki Rangka Sofa

Sumber: Instagram @furnimic

Rangka dalam sebuah kursi sofa memiliki peran  yang sangat vital, namun demikian tidak jarang jika rangka tersebut terbuat dari kayu yang kurang berkualitas. Akibatnya, rangka tersebut menjadi lebih mudah rapuh. Oleh karena itu, jika  rangka sofa mulai rapuh maka sebaiknya kita mengganti pada bagian yang  sudah mulai rapuh tersebut.

Untuk mengganti rangka tersebut, kita juga perlu memperhatikan ukuran dari kayu pengganti agar pas untuk di pasang. Sedangkan kayu pengganti yang akan  kita gunakan sebaiknya menggunakan  kayu yang lebih keras seperti kayu jati. Sementara itu, untuk memperindah tampilan sofa, Anda juga bisa mengecat kerangka kayu sofa yang sudah usang.

Memperbaiki Jahitan, Kain, Dan Bagian Penting Sofa Yang Lain

Sumber: Instagram @maula_sofaa


Biasanya bagian sofa yang paling sering mengalami kerusakan merupakan bagian kain atau kulit bagian atas sofa. Nah, kerusakan pada  kain  ataupun kulit pelapis ini biasanya terjadi pada jahitannya yang sudah mulai lepas.

Nah, jika hanya jahitannya yang sudah mulai lepas, kita bisa menjahitnya kembali dengan melapisi kain yang agak keras pada bagian yang yang akan dijahit, dimana kain tersebut akan membuat jahitan semakin keras dan kuat.

Sedangkan jika kain sudah mulai sobek atau berlubang, maka tidak tidak jalan lain selain mengganti kain dari sofa  tersebut.  Meskipun kain sofa agak lebih mahal, namun Anda bisa mengganti model, motif, maupun warna dari kain sofa tersebut.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/Bc4HXjFFGFr/
instagram.com/p/Bc4HRtonqaJ/
instagram.com/p/BZbJrXcHK1w/
instagram.com/p/BankmISFkVN/